Menag Dijadwalkan Membuka MTQ ke VIII Papua Barat

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta -Wakil Bupati Sorong Selatan Marthinus Salamuk bersama Forkopimda Sorong Selatan bertemu Menag Fachrul Razi. Pertemuan Menag dengan para tokoh dari Indonesia Timur itu berlangsung di Kantor Kemenag Jalan Lapangan Banteng Barat No 3-4 Jakarta Pusat, Kamis (05/03). 

Kunjungan Wakil Bupati dan DPRD Sorong Selatan bertemu Menag dalam rangka penunjukan Kabupaten Sorong Selatan sebagai tuan rumah MTQ ke VIII tingkat Provinsi Papua Barat dan memohon kesedian Menag untuk membuka gelaran MTQ.  

Wakil Bupati Sorong Selatan mengatakan, ini merupakan kali pertama Kabupaten Sorong Selatan menjadi tuan rumah MTQ tingkat Provinsi Papua Barat. "Selain menyampaikan kesiapan kami sebagai tuan rumah serta dukungan masyarakat Kabupaten Sorong Selatan, kunjungan kami ini juga memohon kepada Bapak Menteri untuk berkenan membuka MTQ ke VIII," kata Marthinus Salamuk.  

Marthinus Salamuk yang juga Ketua Umum MTQ ke VIII, menegaskan bahwa saat ini kesiapan untuk MTQ sudah hampir 100 persen. Masyarakat Sorong Selatan juga bertekad akan mensukseskan gelaran MTQ yang diperkirakan akan diikuti seluruh kafilah dari 12 kabupaten/kota se Provinsi Papua Barat. Menurut rencana pembukaan MTQ ke VIII tingkat Provinsi Papua Barat di Kabupaten Sorong Selatan akan digelar pada 7 April 2020.       

"Sekali lagi kami memohon kepada Bapak untuk membuka gelaran MTQ ke VIII di Kabupaten Sorong Selatan," harapnya. 

Dalam kesempatan tersebut Menag menyambut baik undangan dari masyarakat Sorong Selatan dan Papua Barat untuk membuka gelaran MTQ ke VIII. 

"Saya senang sekali, tinggal kita mengatur waktu sebab pada 6-7 April itu saya ke Papua, mungkin setelah dari Papua saya akan ke Papua Barat. Soal lewat darat saya tidak ada masalah. Insyaallah saya bisa hadir," kata Menag.  

"Kita bangga dengan kerukunan di Papua Barat. Nantinya selama saya di sana, saya akan mengujungi Masjid, Gereja dan bertemu dengan para tokoh agama di Papua Barat. Saya akan manfaatkan kunjungan ini dengan sebaik-baiknya," tandas Menag.

Hadir mendampingi Menag dalam pertemuan tersebut, Kepala Biro HDI Suhaili dan Sesmen Khoirul Huda Basyir.  

Sementara yang hadir mendampinggi Wakil Bupati Sorong, Ketua DPRD Sorong Selatan, Kakanwil Kemenag Papau Barat, Kankemenag Sorong Selatan Wakil Ketua II DPRD Sorong Selatan, Asisten III Setda Sorong Selatan, Ketua MUI Sorong Selatan dan Sekertaris Umum Panitia MTQ VIII. (p/ab)